Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Pada Kegiatan Ekstra Kurikuler Tapak Suci (Studi Kasus di MA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014)

Bayyan, Muhid and , Drs. Ahmad Muhibin, M.Si. (2014) Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggungjawab Pada Kegiatan Ekstra Kurikuler Tapak Suci (Studi Kasus di MA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (158kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (404kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan Penanaman Karakter Disiplin pada kegiatan Ekstra Kurikuler Tapak Suci di MA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014, 2) Mendeskripsikan Penanaman Karakter Tanggungjawab pada kegiatan Ekstra Kurikuler Tapak Suci di MA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014, 3) Mendeskripsikan kendala-kendala Penanaman karakter disiplin dan tanggungjawab pada kegiatan Ekstra Kurikuler Tapak Suci di MA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014, 4) Mendeskripsikan Solusi dan Menangani Kendala Penanaman Karakter Disiplin dan Tanggungjawab pada kegiatan Ekstra Kurikuler Tapak Suci di MA Muhammadiyah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru Pendidikan Kewarganegaraan, pelatih Tapak Suci, guru BP, siswa yang mengikuti Tapak Suci serta yang tidak mengikuti ektra kurikuler Tapak Suci di MA Muhammadiyah Kudus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Karakter disiplin pada kegiatan ekstra kurikuler tapak suci di MA Muhammadiyah Kudus belum berjalan dengan baik, tetapi guru telah memberikan usahanya dengan baik agar siswa disiplin dalam mengikuti kegiatan Tapak Suci dan kegiatan belajar mengajar di sekolahan. 2) Penanaman karakter tanggungjawab pada kegiatan ekstra kurikuler Tapak Suci di MA Muhammadiyah kudus dengan cara pelatih memberikan contoh tindakan yang bertanggungjawab kepada siswa. 3) Kendala penanaman karakter disiplin dan tanggungjawab pada kegiatan ektra kurikuler Tapak Suci di MA Muhammadiyah Kudus yaitu ada beberapa siswa yang sulit untuk diatur dan selalu mengulangi pelanggaran yang sama. Pelanggaran yang sering dilakukan adalah tidak berangkat dalam ektra kurikuler tapak suci, 4) Solusi dalam menangani kendala penanaman karakter disiplin dan tanggungjawab di MA Muhammadiyah Kudus yaitu membuat peraturan terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter disiplin dan tanggungjawab, ektra kurikuler tapak suci
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2014 09:37
Last Modified: 18 Oct 2021 01:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28454

Actions (login required)

View Item View Item