PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU DI KECAMATAN JATISRONO WONOGIRI

DARMAYANTI , RUSTINA (2008) PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN DAN KEUNGGULAN BERSAING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JAMU DI KECAMATAN JATISRONO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100030411.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
B100030411.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (402kB)
Official URL: http://files.eprints.ums.ac.id/etd/2009/B100/B1000...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran dan keunggulan bersaing terhadap keputusan pembelian konsumen jamu di Kecamatan Jatisrono Wonogiri. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen pemakai atau konsumen jamu di Kecamatan Jatisrono Wonogiri. Dalam penelitian ini ditentukan sampel sebanyak 100 responden. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini dengan Non Probability Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi multiple, uji t, Uji F, dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis regresi diketahui persamaannya: Y = 1,772 + 0,049X1 + 0,183X2. Berarti bahwa Berdasarkan hasil analisis regresi di atas dapat dikemukakan bahwa semakin meningkat dan baik strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing, maka akan berdampak pada kenaikan terhadap keputusan konsumen untuk membeli jamu di Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri; 2) Berdasarkan hasil uji t diketahui: (a) Uji pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian jamu diketahui nilai thitung sebesar 2,592 berarti berada pada daerah penolakan Ho, sedangkan ttabel ± 1,990, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara statistik ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi bauran pemasaran terhadap keputusan konsumen dalam membeli jamu di Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri, (b) Uji pengaruh strategi keunggulan bersaing diketahui nilai thitung sebesar 9,384 berarti berada pada daerah penolakan Ho, sedangkan ttabel ± 1,990, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa secara statistik ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi keunggulan bersaing terhadap keputusan konsumen dalam membeli jamu di kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri; 3) Berdasarkan hasil uji F diketahui Fhitung 59,635 > 3,110 atau nilai probabilitas uji F sebesar 0,000 yang nilainya lebih kecil dari 0,05. Jadi strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing secara serempak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keputusan konsumen untuk membeli jamu di Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri. Sehingga dapat diketahui bahwa semakin naik atau baik strategi bauran pemasaran dan strategi keunggulan bersaing maka semakin baik dan naik pula keputusan konsumen dalam membeli jamu di Kecamatan Jatisrono Kabupaten Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Bauran Pemasaran, Strategi Keunggulan Bersaing, Keputusan Pembelian.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Jun 2009 08:40
Last Modified: 10 Dec 2014 07:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2845

Actions (login required)

View Item View Item