Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain Balok Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Maryani, Dian Dwi and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Pengembangan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Bermain Balok Pada Anak Di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_AWAL.pdf

Download (918kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (547kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di KB Berlian Menuran Baki Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain balok. Penelitian dilakukan secara kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data kemampuan kognitif diperoleh melalui pedoman observasi. Data pembelajaran melalui kegiatan bermain balok dikumpulkan melalui lembar observasi, catatan lapangan dan wawancara. Data dianalisis secara Deskriptif Komparatif dan Interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan kognitif anak melalui kegiatan bermain balok, yakni sebelum ada tindakan 34,57%, siklus I mencapai 52, 62%, dan siklus II mencapai 82,25%.Sesuai dengan indikator keberhasilan yaitu 75% maka penelitian tindakan kelas ini dianggap berhasil mengembangkan kemampuan kognitif anak. Penerapan melalui metode bermain balok ini bisa maksimal karena kegiatan dilakukan dengan berbagai variasi kegiatan yang menarikdan tidak monoton sehinggaanak tertarik dan antusias dalam mengikuti pembelajaran yang dilakukan olehpeneliti. Kesimpulan dari penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain balokdapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. hal ini membuktikan bahwa hipotesis yang telah diajukan teruji kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Bermain Balok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:18
Last Modified: 17 Oct 2021 07:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28445

Actions (login required)

View Item View Item