Aktivitas Dalam Kegiatan Organisasi, Pemahaman Nilainilai Demokrasi Dan Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Pada Anggota Imm Korkom Ums Tahun 2013

SOBIATUN, SOBIATUN and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, MSi. (2014) Aktivitas Dalam Kegiatan Organisasi, Pemahaman Nilainilai Demokrasi Dan Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi Pada Anggota Imm Korkom Ums Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (443kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (513kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat masalah aktivitas dalam kegiatan organisasi, pemahaman nilai-nilai demokrasi dan implementasi nilai-nilai demokrasi pada anggota IMM Korkom UMS tahun 2013. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan antara aktivitas dalam kegiatan organisasi dan pemahaman nilainilai demokrasi terhadap implementasi nilai-nilai demokrasi. Penelitian ini dilakukan di UMS dengan metode kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah anggota IMM Korkom UMS dengan populasi 317 orang, sedangkan sampel 32 orang. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket tertutup langsung. Hasil penelitian menunjukkan uji t tidak terdapat pengaruh yang berarti (signifikan) dari aktivitas dalam kegiatan organisasi terhadap implementasi nilai-nilai demokrasi pada anggota IMM Korkom UMS tahun 2013 secara parsial, diperoleh t hitung < t tabel yaitu 1,1409 < 2,04. Berdasarkan uji t tidak terdapat pengaruh yang berarti (signifikan) dari pemahaman nilai-nilai demokrasi terhadap implementasi nilai-nilai demokrasi parsial diperoleh thitung < ttabel, yaitu 0,9058< 2,04. Berdasarkan uji simultan terdapat pengaruh positif yang berarti (signifikan) dari aktivitas dalam kegiatan organisasi dan pemahaman nilai-nilai demokrasi secara simultan terhadap implementasi nilai-nilai demokrasi pada anggota IMM Korkom UMS tahun 2013. Berdasarkan hasil uji keberartian regresi liner ganda diperoleh Freg >Ftabel, yaitu 5,472>3,33.Koefisien korelasi ganda (R2) atau koefisien determinasi yang diperoleh 0,2744. Berdasarkan koefisien ini dapat dikatakan bahwa pengaruh bersama antara aktivitas dalam kegiatan organisasi dan pemahaman nilai-nilai demokrasi terhadap implementasi nilai-nilai demokrasi sebesar 27,56%, sedangkan 72,44% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Aktivitas dalam kegiatan organisasi memberikan sumbangan efektif sebesar 15, 90%, sedangkan pemahaman nilai-nilai demorkasi memberikan sumbangan efektif sebesar 11, 66%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas, organisasi, pemahaman, implementasi, nilai demokrasi, IMM dan Korkom.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2014 12:09
Last Modified: 16 Oct 2021 13:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28443

Actions (login required)

View Item View Item