Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014)

Budiarti, Firliana (2014) Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah (Studi Kasus pada Kegiatan Ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah di SMK Negeri 2 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (679kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (37kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan kendala penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler patroli keamanan sekolah di SMK Negeri 2 Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, yaitu hasil temuannya untuk memberikan gambaran mengenai penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab melalui kegiatan ekstrakurikuler patroli keamanan sekolah di SMK Negeri 2 Sragen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk penanaman karakter disiplin yaitu dengan cara kesadaaran diri sendiri, selalu berusaha tepat waktu, melalui pendekatan spiritual, psikologi, pendekatan hukum, membuat jadwal piket harian dalam setiap kegiatan. Kendala penanaman karakter disiplin yaitu karakter tiap siswa yang berbeda, sebagian besar jarak sekolah dengan rumah sangat jauh, terkadang dalam diri siswa malas, lupa membawa atribut PKS dan transportasi. Bentuk penanaman karakter tanggung jawab yaitu mempunyai rasa kesadaran diri sendiri, memberi motivasi dan dukungan kepada diri sendiri dan anggota PKS, dalam pembagian tugas piket harus ada koordinasi dengan anggotanya dan diberi sanksi apabila ada anggota patroli keamanan sekolah (PKS) yang melanggar peraturan. Kendala penanaman karakter tanggung jawab yaitu banyak tugas dari Bapak/Ibu guru, masalah pertemuan rutin yang tidak semua anggotan konsisten dalam menghadiri pertemuan, anggota PKS banyak mengikuti kegiatan ekstrakurikuler yang lain (multi), apabila ada teman tugas tidak masuk disuruh menggantikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter disiplin dan tanggung jawab, patroli keamanan sekolah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 26 Mar 2014 09:48
Last Modified: 26 Mar 2014 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28438

Actions (login required)

View Item View Item