Implementasi Karakter Disiplin Pada Perangkat Desa Dalam Menjalankan Tugas Dan Fungsi Studi kasus di Desa Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2014

Trisnawati, Nisa (2014) Implementasi Karakter Disiplin Pada Perangkat Desa Dalam Menjalankan Tugas Dan Fungsi Studi kasus di Desa Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (827kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (565kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi karakter disiplin pada perangkat desa dalam menjalankan tugas dan fungsi di Desa Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar. Implementasi karakter disiplin pada perangkat desa dalam menjalankan tugas dan fungsi meliputi: tertib dengan aturan-aturan yang ada, melakukan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, melakukan sesuatu tanpa ada paksaan dari siapapun, taat untuk menjalankan tugas dan fungsi. Penelitian ini merupkan jenis penelitian kualitatif dengan strategi studi kasus. Narasumber penelitin ini adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala Urusan Keuangan, Kepala Urusan Umum, Kepala Seksi Pemerintahan, Ketentraman dan Ketertiban, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat, Kepala Dusun, serta tokoh masyarakat. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat Desa Papahan Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar dalam menjalankan tugas dan fungsi cukup memiliki karakter disiplin yang baik, yang biasa dilanggar itu hanya masalah kedatangan perangkat desa yang kadang-kadang tidak tepat waktu. Kendala yang dialami terkait implementasi karakter disiplin pada perangkat desa Papahan dalam menjalankan tugas dan fungsi diantaranya yaitu perangkat desa kurang konsekuen dengan aturan-aturan yang ada, perangkat desa kurang memiliki rasa percaya diri, sanksi yang diberikan kepada perangkat desa kurang tegas, serta kepala desa kurang tegas. Solusi yang dilakukan terkait implementasi karakter disiplin pada perangkat desa dalam menjalankan tugas dan fungsi diantaranya dengan selalu mengingatkan sesama perangkat desa akan tugas dan fungsi, kepala desa memberikan reward kepada perangkat desa yang memiliki kinerja baik, memberikan arahan kepada perangkat desa agar lebih baik lagi, perlunya sanksi yang tegas terhadap setiap perangkat desa yang melanggar aturan, serta meningkatkan kesejahteraan perangkat desa seperti halnya memberikan jaminan kesehatan dan pendidikan untuk anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Disiplin, Perangkat Desa, Tugas, Fungsi.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2014 09:49
Last Modified: 25 Mar 2014 09:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28429

Actions (login required)

View Item View Item