Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Balita Usia 2 Bulan-5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta

Novitasari, Elyza Putri and , dr. Burhanudin Ichsan, M.Med,Ed.,M.Kes. and , dr. Dona Dewi Niriawati (2014) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anak Balita Usia 2 Bulan-5 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (329kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (519kB)

Abstract

Latar belakang: Penyakit diare masih merupakan masalah kesehatan dan penyebab kematian pada balita. Pengetahuan tentang sanitasi lingkungan yang kurang dapat menyebabkan tingginya kejadian diare. Penyakit diare merupakan penyebab kematian kedua terbesar anak di bawah lima tahun terutama di negara berkembang. Sebanyak 1,5 juta anak balita meninggal setiap tahun karena penyakit diare. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan ibu tentang sanitasi lingkungan dengan kejadian diare pada anak balita usia 2 bulan-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta. Metode: Desain penelitian menggunakan analitik observasi dengan pendekatan cross sectional. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster sampling dan didapatkan sebanyak 62 sampel. Subjek penelitian ini adalah ibu rumah tangga yang mempunyai balita usia 2 bulan-5 tahun. Pengumpulan data dengan dengan menggunakan kuesioner pengetahuan sanitasi lingkungan. Analisis data menggunakan Chi Square. Hasil: Tingkat pengetahuan ibu dibagi menjadi dua kelompok yaitu, pengetahuan baik 50 orang (80,6%) dan pengetahuan tidak baik 12 orang (19,4%). Dari hasil penelitian didapatkan ibu dengan pengetahuan baik sebanyak 7 anak diare (11,3%) dan 43 anak tidak diare (69,2%). Ibu dengan pengetahuan tidak baik didapatkan sebanyak 6 anak diare (9,7%) dan 6 anak tidak diare (9,7%). Hasil analisis menunjukkan ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang sanitasi lingkungan dengan kejadian diare anak (p=0,006) Kesimpulan: Terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang sanitasi lingkungan dengan kejadian diare pada anak balita usia 2 bulan-5 tahun di wilayah kerja Puskesmas Pucangsawit Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan Sanitasi Lingkungan, Diare Pada Balita
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2014 11:50
Last Modified: 20 Oct 2021 04:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28419

Actions (login required)

View Item View Item