Kesiapan Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Inquiry Di SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Suprapti, Suprapti and , Drs. Yulianto Bambang Setyadi, M.Si. (2014) Kesiapan Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Inquiry Di SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (574kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (592kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai kesiapan guru Pendi-dikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengimplementasikan model pem-belajaran Inquiry di SMP Negeri 3 Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan sumber data kepala sekolah, guru PPKn, dan siswa kelas VII. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dalam pene-litian ini menggunakan teknik analisis model alir, untuk merangkai data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Guru PPKn kelas VII SMP Negeri 3 Colomadu telah memiliki kesiapan yang baik dalam melaksanakan proses pembelajaran. hal tersebut sesuai dengan indikator yang digunakan dalam penelitian ini. Indikator yang dimaksud meliputi kesiapan guru dalam pemahaman konsep mengenai penerapan model pembelajaran Inquiry, memiliki kesiapan kepribadian, kesiapan dalam merencanakan proses pembelajaran, menguasai bahan pelajaran, melak-sanakan kegiatan pembelajaran, dan mampu mengevaluasi siswa. Hal tersebut dapat diamati dalam proses pembelajaran yang tersusun atau dikemas secara rapi, baik serta lancar sesuai dengan tahap-tahapnya yang meliputi kegiatan penda-huluan, inti, dan penutup. 2) Pelaksanaan proses pembelajaran PPKn juga terdapat adanya kendala. Kendala yang dimaksud antara lain mengenai perencanaan proses pembelajaran belum dituangkan dalam bentuk RPP. Pendidik tidak menyususun RPP dikarenakan belum diadakan rapat MGMP dari masing-masing guru PPKn se-Kabupaten Karanganyar. Penyusunan RPP dibuat bersama-sama oleh guru PPKn se-Kabupaten Karanganyar. Selain belum adanya RPP, dalam proses pem-belajaran juga ditemui kendala mengenai kurangnya keaktifan siswa, sehingga kegiatan belajar terkesan pasif. Selanjutnya dalam proses evaluasi guru belum me-laksanakan secara maksimal, sebab terbatasnya waktu guna melakukan penilaian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Guru, PPKn, dan Model Inquiry
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 25 Mar 2014 08:13
Last Modified: 16 Oct 2021 13:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28418

Actions (login required)

View Item View Item