Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Pemainan Tradisional Gobak Sodor Di Kelompok B TK Pertiwi 3 Kalimati, Juwangi, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014

Ngatiningsih, Ngatiningsih and , Drs. Hasto Daryanto, M.Pd. (2014) Meningkatkan Kerjasama Anak Melalui Pemainan Tradisional Gobak Sodor Di Kelompok B TK Pertiwi 3 Kalimati, Juwangi, Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (207kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (672kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kerjasama anak melalui permainan tradisional gobak sodor pada kelompok B. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Pertiwi 3 Kalimati, Juwangi, Boyolali yang berjumlah 17 anak dan guru kelompok B. Pelaksanaan tindakan adalah peneliti yang berperan sebagai guru berkolaborasi dengan guru kelompok B. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data merupakan teknik yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan. Data yang dihasilkan merupakan data berbagai sumber data yang dikumpulkan baik melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi maupun teknik lain. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus, siklus pertama dilaksanakan dengan tiga kali pertemuan dan siklus dua dilaksanakan dengan dua pertemuan. Satu siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tujuan umum dalam penelitia ini yaitu untuk meningkatkan kerjasama anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi 3 Kalimati. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa kerjasama anak sebelum tindakan sampai dengan siklus ke II menunjukkan peningkatan. Sebelum tindakan 50% anak belum bisa bekerjasama, siklus I sebesar 69% anak sudah mulai bekerjasama, siklus II mencapai 78% anak sudah mampu bekerjasama dengan teman. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti peningkatan kerjasama dipengaruhi oleh motivasi dan reward. Melalui kegiatan permainan tradisional gobak sodor anak dapat bekerjasama dengan temannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan tradisional gobak sodor, kerjasama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2014 11:15
Last Modified: 17 Oct 2021 07:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28398

Actions (login required)

View Item View Item