Pengaruh Permainan Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Kelompok A Di KBI-RA Taqiyya Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014

Triyanti, Rita and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd (2014) Pengaruh Permainan Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Kognitif Pada Kelompok A Di KBI-RA Taqiyya Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (300kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (218kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan balok cuisenaire terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok A di KBI-RA Taqiyya Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode penelitian ini adalah eksperimen jenis One Group Pretest-Possttest. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di KBI-RA Taqiyya Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui pedoman observasi dengan instrumen penelitian berbentuk rating scale. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis. Analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui pencapaian indikator kemampuan kognitif sebelum dan sesudah diberikan eksperimen menggunakan balok cuisenaire. Analisis uji hipotesis digunakan untuk menguji hipotesis menggunakan uji T dalam program SPSS 18 yaitu Independent Sample T-test. Hasil analisis data pada α = 5% diperoleh thitung = -4.720 dan -ttabel = -1.686 karena thitung < -ttabel = -4.720<-1.686 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak setelah diberikan eksperimen menggunakan permainan balok cuisenaire lebih baik daripada kemampuan kognitif anak sebelum diberikan eksperimen menggunakan permainan balok cuisenaire. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa permainan balok cuisenaire berpengaruh terhadap kemampuan kognitif anak pada kelompok A di KBI-RA Taqiyya Kartasura Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Permainan balok cuisenaire, kemampuan kognitif anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2014 10:38
Last Modified: 17 Oct 2021 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28397

Actions (login required)

View Item View Item