Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggunaan Software Tak Berlisensi Pada Komputer Persewaan Jasa Internet Di “In-Tech” Surakarta

Najib , Hafid (2014) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penggunaan Software Tak Berlisensi Pada Komputer Persewaan Jasa Internet Di “In-Tech” Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_ARTIKEL_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (912kB)

Abstract

Penggunaan komputer sangat berguna dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, karena komputer dapat melakukan pekerjaan dengan cepat, tepat dan akurat. komputer memberikan manfaat yang sangat besar dalam kehidupan seharihari. Dalam hal penggunaan komputer maka erat kaitanya dengan yang namanya piranti lunak atau software, karena perangkat lunak dengan perangkat keras menjadi variable yang sangat utama dari sebuah komputer, perangkat lunak (software) tanpa perangkat keras (hardware) tidak bisa bermanfaat. Namun dengan cukup tingginya harga sebuah software yang berlisensi membuat pihak persewaan jasa internet In-tech mempergunakan software tak berlisensi. Apakah penggunaan software tersebut dibenarkan oleh syariat islam, ataukah penggunaan tersebut termasuk kedalam kategori penggunaan atau pemanfaatan yang diharamkan. Metode penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan mencari data-data yang diperlukan dari obyek penelitian yang sebenarnya. Setelah mendapatkan data yang diperlukan, maka data tersebut dianalisis dengan menggunakan metode analisis deduktif. Pokok bahasan dalam masalah ini adalah bagaimanakah praktek penggunaan software tak berlisensi pada komputer persewaan jasa internet di Intech Surakarta dan bagaimanakah perspektif hukum Islam terhadap penggunaan software tak berlisensi pada komputer persewaan jasa internet di In-tech Surakarta. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui praktek penggunaan software tak berlisensi pada komputer persewaan jasa internet di Intech Surakarta dan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap penggunaan software tak berlisensi pada komputer persewaan jasa internet di In-tech Surakarta. Praktek penggunaan software tak berlisensi pada komputer persewaan jasa internet di In-tech Surakarta realitanya benar-benar terjadi, yang dipergunakan pada tiap-tiap komputer yang komputer tersebut disewakan yang berorientasi pada keuntungan. Penggunaan software komputer yang tak memiliki lisensi merupakan hal yang tidak dibenarkan. alasan kondisi darurat dalam hai ini tidak dapat dibenarkan dikarenakan telah adanya alternatif software pengganti yang berbasis gratis atau freeware seperti linux. Penggunaan software tak berlisensi walaupun memberikan manfaat bagi beberapa pihak namun adanya ketidaksesuai dengan konsep Islam yang menjadikan kemashlahatan tersebut tertolak (mulghoh), karena malanggar hak cipta dan merugikan hak milik orang lain. Sedangkan penggunaan sesuatu yang dianggap sah dan sesuai dengan nilai-nilai hukum Islam adalah penggunaan yang memenuhi atau sesuai dengan syara’ dan tidak bertentangan dengan syariat islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan, Software, tak Berlisensi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 21 Mar 2014 13:23
Last Modified: 21 Mar 2014 13:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28389

Actions (login required)

View Item View Item