Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Mahasiswa Fakultas Agama Islam Program Studi Muamalat (Syariah) Universitas Muhammadiyah Surakarta Tidak Menabung Di Bank Syariah

JASA , FITRA ZULI TAUFAN (2014) Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Mahasiswa Fakultas Agama Islam Program Studi Muamalat (Syariah) Universitas Muhammadiyah Surakarta Tidak Menabung Di Bank Syariah. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf

Download (530kB)

Abstract

Perkembangan sebuah bank diantaranya dipengaruhi oleh keadaan nasabah yang menabung di bank tersebut. Seperti yang diketahui bahwa,kesenjangan jumlah aset bank konvensional dan bank syariah itu dipengaruhi oleh jumlah nasabah dan kepercayaan mereka menginvestasikan dananya kepada bank syariah. Kepercayaan nasabah bank syariah ini tentunya dipengaruhi oleh banyak faktor, karena nasabah yang menabung pun dari beragam bentuk lapisan, baik dari kalangan kelas menengah, atas, maupun bawah, penjabat, mahasiwa maupun guru sekalipun. Mayoritas ini dapat mempengaruhi tingkat jumlah kepercayaan nasabah yang lainnya untuk berinvestasi maupun dalam hal menabung. Berargumen dari beberapa statemen di atas, maka permasalahan yang dikaji di dalam penelitian ini adalah apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Mahasiswa Fakultas Agama Islam Program Syariah Universitas Muhammadiyah Surakarta Tidak Menabung di Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi Mahasiswa Fakultas Agama Islam (Syariah) Universitas Muhammadiyah Surakarta tidak menabung di bank syariah. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian menggunakan Field Research (penelitian lapangan) dengan metode pengumpulan data ya itu wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil peneltian menunjukan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa syariah Fakulas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surkarta terhadap perbankan syariah pada tingka tinggi, adapun faktor yang menyebabkan kurang berminatnya mahasiswa syariah untuk menabung di bank syariah adalah: Pertama, karena lokasi kantor bank syariah yang kurang strategis dari pemukiman mahasiswa; Kedua, belum percaya sepenuhnya terhadap perbankan syariah. Ketiga, karena jumlah ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yang disediakan oleh pihak bank syariah kurang begitu banyak; Keempat, karena potongan pada bank syariah relatif lebih tinggi; Kelima, karena pelayanan dari bank syariah dirasakan oleh konsumen kurang memuaskan; Keenam, belum percaya sepenuhnya terhadap implementasi terhadap sistem perbankan syariah yang benar-benar syariah. Sebagai saran dalam penelitian ini adalah perlu adanya sosialisasi terhadap perkembangan dan sistem perbankan syariah. bagi para mahasiwa syariah Universitas Muhammadiyah Surkarta untuk lebih mendalami dan menghayati pentingnya keberadaan perbankan syariah, agar dapat dijadikan alternatif untuk meninggalkan bank konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sosialisasi, Investasi.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 21 Mar 2014 12:36
Last Modified: 21 Mar 2014 12:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28387

Actions (login required)

View Item View Item