Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Pada Siswa Kelas IV SDN Pasucen 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Wuryaningsih, Sri (2014) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Melalui Strategi Pembelajaran The Power Of Two Pada Siswa Kelas IV SDN Pasucen 02 Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (HAlaman Depan)
00_HAL_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_BAB_I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (Bab II)
02_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] PDF (Bab III)
03_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Lampiran)
07_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (175kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatka kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran matematika melalui strategi The power of two. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Pasucen 02 pada tanggal 04 Oktober-Desember 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas IV SDN Pasucen 02 yang berjumlah 31 siswa yang terdiri dari 15 siswa putra dan 16 siswa putri dengan objek penelitiannya adalah kemampuan berpikir kritis siswa serta strategi The power of two. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Indikator kemampuan berpikir kritis matematika adalah sebagai berikut: (1) kegiatan merumuskan pertanyaan; (2) menguji data-data; (3) menganalisis berbagai pendapat dan bisa menghindari pertimbangan yang sangat emosional; (4) menghindari penyederhanaan berlebihan. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pasucen 02 setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi The power of two. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berpikir kritis siswa rendah dengan presentase 50%. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berpikir kritis siswa 62% dan pada siklus II kemampuan berpikir kritis siswa sangat baik dengan presentase 94%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan strategi The power of two.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; kemampuan berpikir kritis matematika; strategi the power of two.
Subjects: L Education > LD Individual institutions (United States)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 21 Mar 2014 11:18
Last Modified: 21 Mar 2014 11:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28382

Actions (login required)

View Item View Item