Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoluhur Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Susmiyati, Heni and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN Mojoluhur Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (379kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_HENI.pdf

Download (289kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatka Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui strategi Group Investigation. Penelitian yang digunakan ini adalah PTK. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Mojoluhur pada tanggal 04 Oktober-Desember 2013. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi serta evaluasi hasil refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan dua pertemuan dan siklus kedua dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya siswa kelas IV SDN Mojoluhur yang berjumlah 14 siswa dan objeknya adalah keaktifan belajar siswa serta strategi Group Investigation.Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Indikator keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran matematika adalah sebagai berikut: (1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru peneliti; (2) Kerjasama dalam kelompok; (3) Kemampuan siswa mengemukakan pendapat dalam kelompok; (4) Memberi kesempatan berpendapat kepada teman kelompok; dan (5) Mendengarkan dengan baik ketika teman lain berpendapat. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Mojoluhur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi group investigation. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui keaktifan belajar siswa rendah dengan presentase 37%. Pada siklus I terdapat siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase keaktifan belajar siswa 69,36% dan pada siklus II keaktifan belajar siswa sangat baik dengan presentase 88,2. Hal ini membuktikan adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dengan penerapan strategi group investigation.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; keaktifan; hasil belajar; matematika; strategi group investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Mar 2014 08:39
Last Modified: 21 Oct 2021 00:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28370

Actions (login required)

View Item View Item