Peningkatan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Bantengan Tahun Ajaran 2013/2014

AMBARWATI, AMBARWATI and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Peningkatan Partisipasi Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Strategi Pembelajaran Word Square Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Bantengan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (699kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (148kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_s.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (707kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi belajar mata pelajaran IPS melalui strategi pembelajaran Word Square pada siswa kelas V semester genap SD Negeri 2 Bantengan tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilakukan dua kali siklus dan dua kali pertemuan pada tiap siklusnya. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Bantengan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2013/2014. Siswa Kelas V berjumlah 26 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah partisipasi belajar dan strategi pembelajaran Word Square. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar melalui strategi pembelajaran Word Square yang meliputi 3 aspek indikator partisipasi belajar, yaitu : keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan pra siklus 3,84%, kemudian 7,69% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 23,07%, pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 dari 46,15% menjadi 53,85% pada siklus II pertemuan 2. Indikator keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan pra siklus 15,38%, kemudian 30,77% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 38,46%, pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 dari 50% menjadi 61,53% pada siklus II pertemuan 2. Indikator nilai hasil ulangan > 65 pra siklus 38,46%, kemudian 57,69% pada siklus I pertemuan 1 menjadi 69,23%, pada siklus I pertemuan 2 mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan 1 dari 76,92% menjadi 96,15% pada siklus II pertemuan 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penerapan strategi pembelajaran Word Square dapat meningkatkan partisipasi belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bantengan Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi; belajar; strategi word square
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2014 11:54
Last Modified: 19 Oct 2021 05:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28356

Actions (login required)

View Item View Item