Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Media Lego Konstruksi Pada Anak Kelompok B Di TK BA Sentono Ngawonggo Ceper Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Muflihah, Anik and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Media Lego Konstruksi Pada Anak Kelompok B Di TK BA Sentono Ngawonggo Ceper Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (467kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (473kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (299kB)

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus melalui media lego konstruksi pada anak kelompok B TK BA Sentono Ngawonggo Ceper Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subyek penelitian yaitu guru kelas kelompok B yang bernama Anik Muflihah dan peserta didik kelompok B TK BA Sentono Ngawonggo Ceper Klaten yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Data yang dikumpulkan adalah data tentang kemampuan motorik halus anak dan prosedur pembelajaran dengan media lego konstruksi. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi untuk mengamati proses pembelajaran dengan media lego konstruksi dan mengamati tindakan guru saat menerapkan media lego konstruksi dan catatan lapangan digunakan untuk membantu mengurangi penyimpangan dalam pengumpulan data. Analisis data yang digunakan dengan analisis diskriptif komparatif dengan membandingkan hasil amatan dengan indikator pencapaian setiap siklus, dari kondisi prasiklus, siklus I dan siklus II. konstruksi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan motorik halus anak di TK BA Sentono Ngawonggo Ceper Klaten mengalami perkembangan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil prosentase prasiklus 55,19%, siklus I mencapai 72,22 %, dan siklus II mencapai 88,89 %. Kesimpulan penelitian ini adalah media lego konstruksi dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak kelompok B TK BA Sentono Ngawonggo Ceper Klaten Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lego, motorik halus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2014 10:58
Last Modified: 19 Oct 2021 16:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28351

Actions (login required)

View Item View Item