Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V SDNPekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014

Pamujiningsih, Wulan (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas V SDNPekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (349kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (375kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar matematika melaluimodel pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014 dan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi siklus 1 digunakan sebagai pedoman dalam melaksanakan tindakan pada siklus 2. Penelitian ini dilakukan kolaboratif dengan teman sejawat. Data yang diperoleh berupa nilai tes, terdiri atas nilai kondisi awal, nilai siklus 1, dan nilai siklus 2. Analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Berdasarkan tindakan yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Pekuwon Tahun Ajaran 2013/ 2014. Hasil pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) yaitu mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika pada kondisi awal 62, pada siklus 1 adalah 76 dan pada siklus 2 adalah 83. Persentase ketuntasan sebanyak 39 (81%) siswa dan hanya 9 (19%) siswa yang belum mencapai KKM.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Numbered Heads Together
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:53
Last Modified: 19 Mar 2014 10:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28340

Actions (login required)

View Item View Item