Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Dengan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIC Semester I SMP Amal Mulya Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/2013)

Putri, Agnetta Eka and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2014) Implementasi Pendekatan Matematika Realistik Dengan Metode Pq4r Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIC Semester I SMP Amal Mulya Tawangmangu Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depab)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (BAb V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (565kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan setelah dilakukan pembelajaran melalui pendekatan matematika realistik dengan metode PQ4R. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Amal Mulya Tawangmangu, Karanganyar yang berjumlah 38 siswa dan subjek pelaksana tindakan adalah guru kelas VII C dibantu oleh peneliti. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan metode alur yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari 1) Kemampuan siswa memahami masalah sebelum tindakan 31,6% dan setelah tindakan 86,8%, 2) Kemampuan siswa menyusun rencana penyelesaian masalah sebelum tindakan 26,3% dan setelah tindakan 78,9%, serta 3) Kemampuan siswa melaksanakan rencana penyelesaian masalah sebelum tindakan 18,4% dan setelah tindakan 73,6%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendekatan matematika realistik dengan metode PQ4R dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan bilangan bulat dan pecahan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah, pendekatan matematika realistik, pq4r
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:52
Last Modified: 19 Oct 2021 12:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28339

Actions (login required)

View Item View Item