Upaya Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Lumbungkerep II Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Susilawati, Susilawati and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Upaya Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Bermain Peran Makro Pada Anak Kelompok A TK Pertiwi Lumbungkerep II Wonosari Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (612kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (641kB)

Abstract

Penelitian dilaksanakan karena perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A TK Pertiwi Lumbungkerep II masih rendah. Observasi yang dilakukan menunjukkan bahwa faktor rendanya kemampuan ini karena pembelajaran berpusat pada guru, anak kurang aktif mengikuti kegiatan belajar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan perkembangan sosial emosional anak yaitu melalui kegiatan bermain peran makro pada anak kelompok A TK Pertiwi Lumbungkerep II Wonosari Klaten. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Data yang dikumpulkan menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Data dianalisis, dengan menerapkan 2 siklus, dimana siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan dua kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A TK Pertiwi Lumbungkerep II Wonosari Klaten melalui kegiatan bermain peran makro, sebelum tindakan sampai dengan siklus II, kondisi sebelum tindakan 27%, pasca siklus I menjadi 70% dan pasca siklus II menjadi 87%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui kegiatan bermain peran makro dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak kelompok A TK Pertiwi Lumbungkerep II Wonosari Klaten

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan sosial emosional dengan bermain peran makro
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:45
Last Modified: 19 Oct 2021 16:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28337

Actions (login required)

View Item View Item