Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh Dengan Tingkat Kontrol Asma Pada Penderita Asma Umur Lebih Dari Atau Sama Dengan 18 Tahun Di BBKPM Surakarta

Khodijah, Sri and , dr. Niwan Tristanto Martika, Sp. P and , dr. Ilma Rizkia Rahma (2014) Hubungan Antara Indeks Massa Tubuh Dengan Tingkat Kontrol Asma Pada Penderita Asma Umur Lebih Dari Atau Sama Dengan 18 Tahun Di BBKPM Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (691kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (403kB)

Abstract

Latar Belakang : Asma merupakan penyakit inflamasi kronis saluran napas yang ditandai dengan mengi episodik, batuk, dan sesak di dada akibat penyumbatan saluran napas. Prevalensi asma tertinggi di Surakarta sebesar 2,42 %. Terdapat beberapa faktor yang berperan dalam menyebabkan keadaan asma tidak terkontrol. Diantaranya adalah indeks massa tubuh berlebih. Penelitian yang dilakukan Atmoko dan kawan-kawan tahun 2009 di poliklinik asma RS Persahabatan Jakarta didapatkan 75% penderita asma tidak terkontrol, hal ini berkaitan dengan indeks masa tubuh. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui adanya hubungan antara indeks masa tubuh dengan tingkat kontrol asma pada penderita asma umur ≥ 18 tahun di BBKPM Surakarta. Metode Penelitian : Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian yang diambil adalah 44 penderita asma secara non random purposive sampling. Data hasil penelitian dianalisis secara statistik dengan uji Chi Square. Hasil : Mayoritas penderita asma dengan indeks massa tubuh normal mempunyai kontrol asma yang termasuk dalam kategori terkontrol sebagian (40,9%), sementara penderita asma dengan indeks massa tubuh berlebih sebagian besar mempunyai kontrol asma yang termasuk kategori tidak terkontrol (29,5%). Hasil perhitungan chi square diperoleh nilai p= 0,007. Kesimpulan : Indeks massa tubuh mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingkat kontrol asma pada penderita asma umur ≥ 18 tahun di BBKPM Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh, Kontrol Asma
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 19 Mar 2014 08:15
Last Modified: 20 Oct 2021 03:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28334

Actions (login required)

View Item View Item