ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN SHAMPOO MEREK LIFEBUOY TERHADAP RESPON KONSUMEN

MARDJONO , BINTANG HERYTA (2008) ANALISIS EFEKTIFITAS IKLAN SHAMPOO MEREK LIFEBUOY TERHADAP RESPON KONSUMEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100020195.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
B100020195.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Industri atau perdagangan Shampoo di Indonesia mengalami peningkatan yang sangat tajam, hal ini ditandai dengan adanya peningkatan jumlah produsen dan pemakai Shampoo itu sendiri, karena Shampoo sudah menjadi kebutuhan masyarakat dalam hal perawatan rambut. Berbagai macam merek Shampoo masuk dan bersaing di pasar, antara lain Lifebuoy, Pantene, Sunsilk, Rejoice, Metal, Dove dan lain-lain. Dalam penelitian ini penulis menggunakan salah satu contoh media iklan Shampoo merek Lifebuoy, karena Lifebuoy merupakan salah satu merek Shampoo yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Dengan adanya keterbatasan media dan waktu penyiaran, Shampoo merek Lifebuoy berusaha menampilkan salah satu bentuk iklan yang sedemikian rupa untuk menarik konsumen melalui media cetak baik di surat kabar, majalah / papan reklame dan sebagainya. Dalam merumuskan pesan iklan membutuhkan empat pemecahan masalah yaitu pertama, isi pesan, struktur pesan, format pesan, dan sumber pesan Untuk menguji pengaruh dari isi pesan, struktur pesan, format pesan dan sumber pesan terhadap aspek efektivitas komunikasi iklan yang terdiri tahap kognitif, afektif dan konatif maka digunakan alat analisis regresi berganda. Hasil analisis regresi berganda terhadap tahap kognitif yang variabel yang berpengaruh signifikan berdasarkan hasil uji t adalah isi pesan (X1) dengan probabilitas sebesar 0,000, struktur pesan (X2) dengan probabilitas sebesar 0,031 dan sumber pesan (X4) dengan probabilitas sebesar 0,000. Sedangkan untuk variabel format pesan tidak berpengaruh signifikan. Hasil uji F menunjukkan keempat variabel diatas mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama ditunjukkan oleh besarnya probabilitas F sebesar 0,000. Sumbangan pengaruh terhadap kognitif sebesar 74%, hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai R2 sebesar 0,740. Pada tahap Afektif yang variabel yang berpengaruh signifikan berdasarkan hasil uji t adalah isi pesan (X1) dengan probabilitas sebesar 0,000 dan sumber pesan (X4) dengan probabilitas sebesar 0,000. Sedangkan untuk variabel struktur pesan dan format pesan tidak berpengaruh signifikan. Hasil uji F menunjukkan keempat variabel diatas mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama ditunjukkan oleh besarnya probabilitas F sebesar 0,000. Sumbangan pengaruh terhadap tahap afektif sebesar 84,4%, hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai R2 sebesar 0,844. Pada tahap Konatif yang variabel yang berpengaruh signifikan berdasarkan hasil uji t adalah isi pesan (X1) dengan probabilitas sebesar 0,001 dan sumber pesan (X4) dengan probabilitas sebesar 0,000. Sedangkan untuk variabel struktur pesan dan format pesan tidak berpengaruh signifikan. Hasil uji F menunjukkan keempat variabel diatas mempunyai pengaruh yang signifikan secara bersama-sama ditunjukkan oleh besarnya probabilitas F sebesar 0,000. Sumbangan pengaruh terhadap tahap afektif sebesar 81,9%, hal ini ditunjukkan oleh besarnya nilai R2 sebesar 0,819.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: IKLAN SHAMPOO MEREK LIFEBUOY TERHADAP RESPON KONSUMEN
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Jun 2009 07:16
Last Modified: 16 Nov 2010 19:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item