PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA

NINGTYAS, ASIH WINDY SUSILO (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KERJA PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 16 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (516kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (114kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (854kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan media kartu kerja pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang berlangsung dalam 2 siklus. Tiap siklus berlangsung selama 2 pertemuan dan terdiri atas 4 tahapan dasar yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV A yang berjumlah 37 siswa, dengan 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode observasi, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokomentasi. Pengujian yang digunakan adalah pengujian validitas isi yang dilakukan dengan membandingkan isi instrumen dengan materi pelajaran yang telah diajarkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika pada meningkat setiap siklusnya. Kemampuan mengidentifikasi apa yang diketahui dari soal, kemampuan mengidentifikasi apa yang ditanyakan dari soal, kemampuan mengidentifikasi operasi hitung, kemampuan mengubah soal cerita menjadi kalimat matematika sederhana, dan kemampuan melakukan perhitungan meningkat dari 43,24 % menjadi 70,27 % pada siklus I dan 86,49 % pada siklus II. Kemampuan menyelesaikan soal dengan tepat meningkat dari 16,22 % menjadi 43,24 % pada siklus I dan II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah keterampilan menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan media kartu kerja pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 16 Surakarta pada semester ganjil tahun 2013/2014 dapat ditingkatkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kartu-kerja; keterampilan; soa- cerita; matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 18 Mar 2014 12:52
Last Modified: 18 Mar 2014 12:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28319

Actions (login required)

View Item View Item