IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA BELAJAR MATEMATIKA(PTK Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014)

KHASANAH, NURUL (2014) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER KEMANDIRIAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA BELAJAR MATEMATIKA(PTK Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img]
Preview
PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (600kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan karakter kemandirian dan tanggung jawab belajar bagi siswa kelas VIIIC semester genap SMP Muhammdiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui implementasi pendekatan kontekstual dengan metode resitasi. Penelitian ini termasuk jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 34 orang. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan komparatif. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran matematika. Peningkatan kemandirian siswa: 1) mengajukan pertanyaan atau gagasan sendiri sebelum tindakan 29,41%, setelah dilakukan tindakan 61,76%, 2) menyelesaikan tugas secara mandiri sebelum tindakan 23,53%, setelah dilakukan tindakan 50%. Peningkatan tanggung jawab siswa: 1) menyerahkan tugas tepat waktu sebelum tindakan 32,35%, setelah dilakukan tindakan 61,76%, 2) mempresentasikan hasil kerja kelompok sebelum tindakan 26,47%, setelah dilakukan tindakan 64,71%, 3) melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh sebelum tindakan 29,41%, setelah dilakukan tindakan 55,88%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa melalui implementasi pendekatan kontekstual dengan metode resitasi dapat meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab siswa belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian; kontekstual; resitasi; tanggung jawab
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Siti Nuzilah
Date Deposited: 18 Mar 2014 12:33
Last Modified: 18 Mar 2014 12:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28318

Actions (login required)

View Item View Item