Kemampuan Berbahasa Indonesia Lisan Dan Tingkat Sosial Ekonomi Pada Masyarakat Sangkrah, Surakarta: Tinjauan Sosiolinguistik

Sulistyorini, Novita and , Prof. Dr. Abdul Ngalim, M. M. M.Hum. (2014) Kemampuan Berbahasa Indonesia Lisan Dan Tingkat Sosial Ekonomi Pada Masyarakat Sangkrah, Surakarta: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (741kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (717kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. 1) Mengkaji kemampuan berbahasa Indonesia lisan dan tingkat sosial ekonomi masyarakat Sangkrah, Surakarta. 2) Mendeskripsikan karakteristik bahasa yang digunakan masyarakat Sangkrah, Surakarta. 3) Mendeskripsikan korelasi kemampuan berbahasa Indonesia lisan dan tingkat sosial ekonomi masyarakat Sangkrah, Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, simak, catatan lapangan, dan wawancara mendalam (in depth interview). Adapun metode analisis data yang digunakan adalah perbandingan tetap dan padan, baik padan intralingual maupun ekstralingual. Ada tiga temuan yang dihasilkan dalam penelitian ini. 1) a. Warga Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta dengan tingkat sosial ekonomi rendah atau lemah memiliki kemampuan berbahasa Indonesia lisan yang tergolong rendah, b. warga Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta dengan tingkat sosial ekonomi tinggi atau cukup memiliki kemampuan berbahasa Indonesia lisan yang baik, c. seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa Indonesia lisan yang baik, belum tentu memiliki kemampuan menulis yang baik. Begitu juga sebaliknya, kemampuan menulis yang baik, belum tentu memiliki kemampuan berbahasa Indonesia lisan yang baik pula. 2) Tiga karakteristik bahasa yang digunakan warga Sangkrah, Pasar Kliwon, Surakarta yakni beragam, manusiawi, dan arbiter. 3) Semakin tinggi tingkat sosial ekonomi seseorang, maka semakin tinggi atau semakin baik pula kemampuan berbahasa Indonesia lisan yang dimiliki dan semakin rendah tingkat sosial ekonomi seseorang, maka semakin rendah pula kemampuan berbahasa Indonesia lisan yang dimiliki.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berbahasa Indonesia lisan, tingkat sosial ekonomi, sosiolinguistik
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2014 11:08
Last Modified: 19 Oct 2021 08:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28308

Actions (login required)

View Item View Item