Pembentukkan Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 2 Banyudono, Kabupaten Boyolali

Hapsari, Dini (2014) Pembentukkan Karakter Religius Melalui Kegiatan Pembiasaan Pada Siswa Kelas VII DI SMP Negeri 2 Banyudono, Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN_.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (721kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan pembentukkan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan di sekolah, 2) Untuk mendeskripsikan alasan pembentukkan karakter religius dikalangan pelajar yang masih dirasa perlu dilakukan saat ini, dan 3) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru ketika melaksanakan pembentukkan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Banyudono, Kabupaten Boyolali. Objek Penelitian dalam penelitian ini adalah pembentukkan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan pada siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Banyudono, kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi, pertama triangulasi sumber data berupa informasi dari tempat, peristiwa, dokumen dan arsip yang memuat catatan berkaitan dengan data yang dimaksudkan. Kedua, triangulasi teknik atau metode pengumpulan data yang berasal dari hasil wawancara, observasi, dan dokumen. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang Pembentukkan Karakter Religius melalui Kegiatan Pembiasaan pada Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Banyudono, Kabupaten Boyolali dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Proses pelaksanaan pembentukkan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan di sekolah dilakukan dengan cara membiasakan Sholat Dhuha dan Sholat Jum’at di sekolah, 2) Alasan pembentukkan karakter religius di kalangan pelajar masih diperlukan saat ini yaitu pendidikan semakin jauh dari tatanan nilai moral yang dikehendaki. Rendahnya tataran moral tersebut menjadikan siswa mempunyai akhlak yang kurang terpuji. Banyak ditemui siswa yang mempunyai sikap kurang hormat terhadap guru, menyepelekan jika ditegur guru, sengaja tidak mematuhi tata tertib dan bahkan berani melawan guru. Pembentukkan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan mampu memperbaiki moral siswa yang jauh dari moral yang dikehendaki, dan 3) Kendala yang dihadapi guru ketika melaksanakan pembentukkan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan di sekolah meliputi: a) kendala dari sarana dan prasarana, b) kendala dari peserta didik, c) kendala dari guru agama Islam, d) kendala dari guru umum, dan e) kendala dari lingkungan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakter religius, Kegiatan Pembiasaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2014 09:44
Last Modified: 18 Mar 2014 09:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28306

Actions (login required)

View Item View Item