Muatan Dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Saling Menghargai (Analisis Isi pada Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 serta Pelaksanaannya di SMP Negeri 1 Surakarta)

Wibowo, Rian Puteri Sayekti (2014) Muatan Dan Pelaksanaan Pendidikan Karakter Saling Menghargai (Analisis Isi pada Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 serta Pelaksanaannya di SMP Negeri 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (535kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan muatan materi pendidikan karakter saling menghargai dalam buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 serta pelaksanaannya dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMP Negeri 1 Surakarta. Penelitian ini menggunakan sumber data buku PPKn kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013, kepala sekolah, guru PPKn, guru agama, dan siswa kelas VII. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen/simak. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif, untuk merangkai data yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan mengkaji dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 yang digunakan di SMP Negeri 1 Surakarta memuat pendidikan karakter saling menghargai. Muatan pendidikan karakter saling menghargai dalam buku tersebut disajikan dalam bentuk ilustrasi gambar, kalimat, dan soal. Muatan pendidikan karakter saling menghargai yang terkandung dalam buku tersebut sudah sesuai dengan kurikulum yang memuat Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KI-KD) karena penyusunannya langsung dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Nilai-nilai karakter saling menghargai yang termuat dalam buku PPKn kelas VII SMP/MTs kurikulum 2013 adalah menerima perbedaan pendapat, memaklumi kekurangan orang lain, mengakui kelebihan orang lain, dapat bekerja sama, dan membantu orang lain; 2) Pelaksanaan pendidikan karakter saling menghargai di SMP Negeri 1 Surakarta dilaksanakan bersamaan dengan proses pembelajaran PPKn oleh guru PPKn, selain itu juga dilaksanakan di luar kelas dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi, Pelaksanaan Pendidikan Karakter Saling Menghargai, dan PPKn
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2014 09:10
Last Modified: 18 Mar 2014 09:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28302

Actions (login required)

View Item View Item