Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Pohon Cerdas Siswa Kelas V SD Negeri 2 Minggarharjo Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014

Nurharyanto, Fajar Hidayat (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Pohon Cerdas Siswa Kelas V SD Negeri 2 Minggarharjo Kecamatan Eromoko Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (880kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (507kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (788kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran (IPA) melalui penerapan media pembelajaran Pohon Cerdas. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 2 Minggarharjo, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri yang berjumlah 9 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Observasi menunjukkan bahwa pada pelaksanaan Pra Siklus ditemukan motivasi siswa dalam pembelajaran IPA menggunakan model pembelajaran konvensional terhitung rendah dengan penilaian : siswa mampu mengungkapkan ide dalam mengikuti proses belajar mengajar 22,22%, siswa berani menjawab pertanyaan dari guru dalam proses pembelajaran berlangsung 22,22%, siswa yang mempunyai rasa ingin tahu dalam proses pembelajaran, 11,11%, rasa senang dalam mengikuti proses pembelajaran 22,22%, siswa perhatian dalam proses pembelajaran 11,11%, dan siswa bersikap tenang dalam proses pembelajaran 11,11%. Pada siklus I dan II, melalui pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran Pohon Cerdas motivasi belajar siswa meningkat, yaitu siswa mampu mengungkapkan ide dalam mengikuti proses pembelajaran dari 22,22% menjadi44,44% (siklus I) dan 99,99% (siklus II), siswa berani menjawab pertanyaan dari guru dalam proses pembelajaran dari 22,22% menjadi 55,55% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran dari 11,11% menjadi 44,44% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), siswa yang senang dalam proses pembelajaran dari 22,22% menjadi 33,33% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), siswa yang perhatian 11,11% menjadi 33,33% (siklus I) dan 88,88% (siklus II), siswa yang tenang 11,11% menjadi 33,33% (siklus I) dan 88,88% (siklus II) Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan media pembelajaran Pohon Cerdas dapat meningkatkan motivasi belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 2 Minggarharjo Tahun Pelajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Media, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 08:07
Last Modified: 18 Mar 2014 08:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28294

Actions (login required)

View Item View Item