Peningkatan Kreativitas Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/ 2014

Anggraheni, Juvita Dwi and , Dra. Risminawati, M. Pd (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Ips Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (585kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (711kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (6kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar melalui penerapan strategi pembelajaran Inkuiri pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih tahun ajaran 2013/ 2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 koripan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kreativitas serta hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 02 Koripan tahun ajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari hasil pencapaian indikator kreativitas belajar yaitu, rasa ingin tahu yang besar pada pra siklus sebesar 36%, siklus I 75%, dan siklus II 86%. Mengajukan pertanyaan yang berbobot pada pra siklus sebesar 18%, siklus I 36%, dan siklus II 79%. Memberikan gagasan dan usulan terhadap suatu masalah pada pra siklus sebesar 14%, siklus I 25%, dan siklus II 75%. Menyatakan pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya pada pra siklus sebesar 25%, siklus I 64%, dan siklus II 86%. Mampu mengembangkan atau merinci suatu gagasan pada pra siklus sebesar 11%, siklus I 11%, dan siklus II sebesar 75%. Juga dilihat dari hasil belajar yang didapat pada pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 53,58% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 68% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 86% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 02 Koripan Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas Belajar, Inkuiri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:53
Last Modified: 19 Oct 2021 05:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28293

Actions (login required)

View Item View Item