Pengaruh Model Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X, XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Maryati, Maryati (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X, XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (677kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (251kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (948kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran moving class pada motivasi belajar siswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran moving class pada prestasi belajar ekonomi siswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajarn moving class pada motivasi belajar siswa dan prestasi belajar ekonomi siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X, XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 70 siswa dengan sampel 59 siswa yang diambil dengan teknik Proportionate stratified random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan metode angket dan metode dokumentasi. Angket diujicobakan dengan uji validitas dan reliabilitas. Sebelum dilakukan teknik analisis data maka dilakukan uji prasyarat analisis terlebih dahulu dengan uji normalitas dan uji linieritas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis regresi linier Y =103,714+0,214x+0,829x. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara moving class terhadap motivasi belajar siswa kelas X, XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 2,266 > 2,001 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran moving class terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X, XI IPS SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun 2013/2014. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel yaitu 4,425 > 2,001 (α = 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,003; 3) ada pengaruh yang signifikansi model pembelajaran moving class terhadap motivasi belajar siswa dan prestasi belajar ekonomi siswa kelas X, XI IPS, SMA Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung> Ftabel yaitu 24,718 > 4,01 pada taraf signifikansi 5%; 4) variabel X terhadap Y1 memberikan sumbangan relatif sebesar 65,86% dan sumbangan efektif 18,97%, variabel X terhadap Y2 memberikan sumbangan relatif sebesar 35,48% dan sumbangan efektif 9,08%. Hasil perhitungan R2 diperoleh 0,544, berarti 54,4% motivasi belajar siswa dan prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh model pembelajaran moving class, sisanya sebesar 45,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran moving class, motivasi belajar siswa, Prestasi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:44
Last Modified: 18 Mar 2014 10:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28290

Actions (login required)

View Item View Item