Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014

Sari, Devi Indah and , Drs. Joko Suwandi, SE., M.Pd, (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Ekonomi Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (998kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (52kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Nasakh Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (634kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here dalam pembelajaran ekonomi pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Colomadu dengan jumlah 34 siswa. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru mata pelajaran ekonomi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Prosedur dalam Penelitian ini ada empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kritis dan teknik komparasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian belajar ekonomi siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran everyone is a teacher here. Hal ini dapat terlihat dari: 1) siswa tidak tergantung orang lain, 2) Kemampuan berfikir kritis siswa, 3) Siswa bertanggung jawab dalam belajar, 4) Siswa percaya diri dalam belajar, 5) Siswa aktif dalam pembelajaran. Sebelum pelaksanaan siklus rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 21,17%. Pada siklus I rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 55,88%. Pada siklus II rata-rata kemandirian belajar siswa sebesar 80,59%. Hal ini berarti peningkatan kemandirian belajar siswa melebihi indikator keberhasilan yakni 75%. Berdasarkan data hasil penelitian tindakan kelas tersebut maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat meningkatkan kemandirian belajar pada siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran everyone is a teacher here, Kemandirian belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:27
Last Modified: 18 Oct 2021 05:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28286

Actions (login required)

View Item View Item