Kontribusi Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas 3B Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Marfu’ah,, Siti and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Kontribusi Tata Tertib Sekolah Terhadap Kedisiplinan Siswa Kelas 3B Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Nur Hidayah Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (518kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui implementasi tata tertib sekolah di kelas 3B SDIT Nur Hidayah, (2) Mengetahui kontribusi tata tertib sekolah terhadap kedisiplinan siswa kelas 3B di SDIT Nur Hidayah, (3) Mengetahui kendala-kendala yang dialami dalam mendisiplinkan siswa kelas 3B di SDIT Nur Hidayah melalui pelaksanaan tata tertib sekolah. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Sumber data terdiri atas informan, tempat dan peristiwa, serta arsip maupun dokumen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Observasi, (2) Wawancara mendalam, (3) Dokumentasi. Untuk menguji validitas data digunakan triangulasi (metode dan sumber) dan informan review. Teknik analisis data kualitatif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan dan penerapan tata tertib sekolah sudah cukup baik, meskipun masih ada beberapa pelanggaran yang terjadi. (2) Tata tertib sekolah berkontribusi terhadap kedisiplinan siswa melalui penegakan aturan, aksi kedisiplinan, pembiasaan, keteladanan, komunikasi, dan pemberian reward atau punishment. Kontribusi tersebut berupa ketaatan, ketertiban, dan tanggungjawab. Kedisiplinan yang terbentuk dalam hal disiplin perilaku, disiplin berpakaian, disiplin waktu dan disiplin belajar. Pembiasaan mematuhi tata tertib tentunya ada hasil yang dicapai sebagai bentuk keberhasilan tata tertib dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Adapun kedisiplinan tersebut dapat ditunjukkan melalui karakter atau kebiasaan siswa dalam berperilaku, bertutur kata maupun berakhlak mulia di sekolah dan lingkungan luar sekolah. Selain itu, berdasar rentang penilaian pada raport kebiasaan dengan kategori B (baik), C (cukup), K (kurang), maka dapat dikatakan bahwa kedisiplinan siswa kelas 3B SDIT Nur Hidayah termasuk Baik (B). (3) Kendala dalam pelaksanaan tata tertib sekolah antara lain kurangnya kesadaran pada diri siswa, pengaruh dari lingkungan, sikap guru, kurangnya pembiasaan disiplin dari orang tua dan minimnya pengetahuan siswa terhadap tata tertib.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontribusi, Tata Tertib, Sekolah, Kedisiplinan, Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 07:20
Last Modified: 19 Oct 2021 05:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28285

Actions (login required)

View Item View Item