Penerapan Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V SDN 1 Pojok Kecamatan Nogosari Tahun Pelajaran

Lestari, Nurjanah Puji and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, M.Pd (2014) Penerapan Cooperative Learning Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V SDN 1 Pojok Kecamatan Nogosari Tahun Pelajaran. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (914kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penenlitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika melalui penerapan Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) pada siswa kelas V SDN 1 Pojok Kecamatan Nogosari Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yaitu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru untuk memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas. Subjek penelitian ini adalah peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SDN 1 Pojok yang berjumlah 26siswa. Penelitian ini dimulai dengan kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara,dokumentasi dan tes. Teknik analisis data melalui reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi pra siklus menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika masuk dalam kategori rendah. Setelah diterapkannya Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading And Compositon (CIRC) menunjukkan peningkatan. Siswa yang memiliki kemampuan tinggi dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada tahap prasiklus adalah sebanyak 11,54%, pada siklus I meningkat menjadi 26,92% dan pada siklus II sebanyak 79,17%. Dengan meningkatnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita maka meningkat pula hasil belajar siswa. Peningkatan yang terjadi yaitu pada tahap prasiklus, terdapat 4 siswa yang tuntas belajar atau sebesar 15,38%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau sebesar 46,15% dan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 20 siswa atau sebesar 83,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika kelas V SDN 1 PojokKecamatan Nogosari Tahun Pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menyelesaikan soal cerita, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 06:55
Last Modified: 19 Oct 2021 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28280

Actions (login required)

View Item View Item