Peningkatan Kemampuan Menyimak Perkataan Melalui Metode Bercerita Pada Siswa Kelas I SDNegeri 3 Sugihan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014

Alfiani, Nofika and , Drs. Saring Marsudi, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Kemampuan Menyimak Perkataan Melalui Metode Bercerita Pada Siswa Kelas I SDNegeri 3 Sugihan Kecamatan Toroh Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
01.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02.BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
03.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab III)
04.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Bab IV)
05.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] PDF (Bab V)
06.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
08.LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (445kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak perkataan melalui metode bercerita pada siswa kelas 1 SD Negari 3 Sugihan Toroh Grobogan tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 27 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas I SD tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis kualitatif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, pemaparan data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak yang dimiliki oleh siswa kelas I SD Negeri 3 Sugihan tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran sebelum tindakan sebesar 44,44% dan setelah dilakukan tindakan sebesar 62,96% pada siklus I, dan diakhir tindakan sebesar 85,18% pada siklus II. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan menyimak perkataan pada siswa kelas I SD Negeri 3 Sugihan Toroh Grobogan Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menyimak, bercerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2014 05:55
Last Modified: 04 Nov 2021 11:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28274

Actions (login required)

View Item View Item