Penerapan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Anak Kelompok B TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Utami, Hajiah Dewi and , Drs. M. Yahya, M.Si (2014) Penerapan Bermain Peran Dalam Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Pada Anak Kelompok B TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (406kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (561kB)

Abstract

Kecerdasan berbahasa merupakan salah satu kemampuan yang penting dalam kehidupan sehari-hari karena semua aktifitas kehidupan manusia memerlukan kemampuan ini. Oleh sebab itu alangkah baiknya pada Pendidikan Anak Usia Dini diperkenalkan cara berkomunikasi aktif yang menggunakan bahasa melalui berbagai permainan yang menarik bagi anak didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan berbahasa anak, pada kelompok B TKIT Insan Harapan Ngawen Klaten, karena kecerdasan berbahasanya masih rendah. Terbukti dari 20 anak baru ada 6 anak yang kecerdasan berbahasanya berkembang sesuai harapan/mampu berbahasa dengan benar. Penelitian ini dilakukan melalui bermain peran sehingga anak dapat bermain sambil belajar. Dengan bermain peran akan lebih bermakna dan berkesan di hati anak-anak karena anak-anak menikmatinya. Data yang dikumpulkan untuk mengetahui kecerdasan berbahasa adalah dengan observasi dan catatan lapangan dengan tehnik analisis komparatif yaitu membandingkan kemampuan anak setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan berbahasa anak pada pra siklus 30%, setelah dilakukan tindakan siklus 1 mencapai 55% dan pada siklus 2 mencapai 85%. Total peningkatan mencapai 55%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan bermain peran dapat meningkatkan kecerdasan berbahasa anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan berbahasa, bermain peran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 12:32
Last Modified: 19 Oct 2021 16:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28271

Actions (login required)

View Item View Item