Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain Lempar Bola Pada Anak Kelompok B Di Bustanul Athfal Aisyiyah Trunuh, Klaten Selatan, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014

Sulastri, Sulastri and , Drs. M. Yahya, M.Si. (2014) Pengembangan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Bermain Lempar Bola Pada Anak Kelompok B Di Bustanul Athfal Aisyiyah Trunuh, Klaten Selatan, Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (520kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (361kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk memperoleh cara penerapan metode bermain lempar bola dalam mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Trunuh, Klaten Selatan, Klaten, dan untuk mengetahui seberapa keberhasilan penerapan dengan metode lempar bola dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah,Trunuh, Klaten Selatan, Klaten. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas A sebagai kolaborator. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, penugasan, demonstrasi. Data dianalisis secara deskriptif melalui dua siklus. Teknik analisis data dilakukan dengan dua cara yaitu deskriptif komparatif adalah membandingkan hasil dari kegiatan pada kondisi awal, hasil dari kegiatan siklus I dan hasil dari kegiatan siklus II, kemudian direfleksi dan dianalisis kritis yaitu dengan mengetahui kelemahan dan kelebihan dari tindakan yang dilakukan sebagai dasar untuk penelitian berikutnya.Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Trunuh, Klaten Selatan, Klaten melalui bermain lempar bola, sebelum tindakan sampai siklus I yaitu sebelum tindakan 23,1%, pada siklus I 46,2 %, pada Siklus II 69,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui bermain lempar bola dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B di Bustanul Athfal Aisyiyah Trunuh, Klaten Selatan, Klaten tahun ajaran 2013/2014. Bermain lempar bola bisa laksanakan dengan maksimal di Bustanul Athfal Aisyiyah Trunuh, Klaten Selatan, Klaten dengan menggunakan kartu kata.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca Permulaan, Bermain Lempar Bola dengan Menggunakan Kartu Kata.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 12:13
Last Modified: 19 Oct 2021 16:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28269

Actions (login required)

View Item View Item