Peningkatan Keaktifan Bertanya Siswa Mata Pelajaran IPS Dengan Learning Start With A Question Strategy Kelas IV Di SD Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/ 2014

Jannah, Ayu Mawaliya and , Drs. Suwarno, SH., M. Pd. (2014) Peningkatan Keaktifan Bertanya Siswa Mata Pelajaran IPS Dengan Learning Start With A Question Strategy Kelas IV Di SD Negeri 01 Tawangmangu Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (770kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (553kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI.pdf

Download (686kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi learning start with a question dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa dalam pelajaran IPS kelas IV sekolah dasar negeri 1 tawangmagu tahun pelajaran 2013 / 2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam peneliian ini adalah kelas IV SD Negeri 01 tawangmangu. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan untuk meningkatan keaktifan bertanya siswa pada mata pelajaran IPS melalui penerapan Strategi Learning Start With a Question peningkatan dalam keaktifan bertanya siswa. Peningkatan dalam keaktifan bertanya siswa yaitu menjawab pertanyaan 76 dengan prosentasenya 84,44% berpendapat 74 dengan prosentasenya 82,22% , partisipasi dalam pembelajaran 77 dengan prosentasenya 85,55%,memperhatikan 81 dengan prosentasenya 90,00%, dan bertanya 74 dengan prosentasenya 82,22%. Nilai hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan diterapkannya Strategi Learning Start With a Question pada mata pelajaran IPS yaitu dengan ditunjukan nilai rata-rata 75.9. Jadi dengan diterapkannya strategi Learning Start With a Question dapat meningkatkan keaktifan bertanya siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Learning Start With a Question, keaktifan bertanya siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 11:13
Last Modified: 19 Oct 2021 05:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28267

Actions (login required)

View Item View Item