Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Taji Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014

Habsari, Sabilla Fita and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2014) Penerapan Strategi Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) Untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD Negeri 2 Taji Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (789kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (620kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (750kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah peningkatan keterampilan bertanya siswa kelas V SD Negeri 2 Taji pada mata pelajaran ipa dengan menggunakan strategi learning starts with a question. Jenis penelitian tindakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek pelaksaaan tindakan adalah siswa kelas V dengan jumlah siswa 26 sebagai penerima tindakan dan guru kelas sebagai subjek pemberi tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi , wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknik triangulasi sumber diperoleh dari pengumpulan data dari guru dengan peneliti mengenai keterampilan bertanya siswa. Triangulasi metode dari hasil observasi, dokumen, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Strategi pembelajaran yang digunakan adalah learning starts with a question yaitu strategi pembelajaran aktif dalam bertanya. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bertanya siswa kelas V pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan strategi learning starts with a question. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan bertanya pra siklus sebesar 30,51%, siklus I sebesar 51,00% dan siklus II sebesar 81,30%. Pencapaian ketuntasan pada setiap indikator yakni 70% atau sebanyak 19 siswa dari keseluruhan siswa yakni 26 siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan strategi learning starts with a question dapat meningkatkan keterampilan bertanya siswa kelas V SD Negeri 2 Taji Tahun ajaran 2013/2014

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning starts with a question, keterampilan bertanya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 17 Mar 2014 07:47
Last Modified: 19 Oct 2021 05:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28253

Actions (login required)

View Item View Item