Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pengapian Dengan Macromedia Flash 8 Di SMK Bina Taruna Masaran Sragen

Santoso, Tri Wibowo and , Prof. Dr.Budi Murtiyasa,M.Kom and , Dr. Muslich Hartadi Sutanto, S.T., M.T. (2013) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Sistem Pengapian Dengan Macromedia Flash 8 Di SMK Bina Taruna Masaran Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (564kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (949kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui efektifitas media pembelajaran interaktif sistem pengapian. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) dengan prosedur penelitian pengembangan menurut Borg dan Gall (1983). Secara sederhana prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari lima tahap, yaitu : analisis produk, mengembangkan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba lapangan utama dan revisi, uji coba lapangan operasional dan produk akhir. Subjek penelitian terdiri dari 2 guru produktif teknik otomotif, 1 guru adaptif keterampilan komputer dan pengelolaan informasi serta 42 peserta didik kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Bina Taruna Masaran. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Penelitian dan pengembangan ini menunjukkan hasil sangat baik. Kelayakan produk pada uji coba lapangan tahap awal oleh ahli materi skor ratarata 4,57 sedangkan ahli media skor rata-rata 4,50. Ujicoba lapangan utama pada 12 peserta didik skor rata-rata 4,71 sedangkan uji lapangan operasional pada 30 peserta didik skor rata-rata 4,49. Efektifitas media pembelajaran hasil pre test dan post test pada 30 peserta didik saat uji lapangan operasional diperoleh kenaikan nilai rata-rata skor sebesar 12,7.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Sistem Pengapian, Macromedia Flash 8
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2014 09:53
Last Modified: 28 Oct 2021 06:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28238

Actions (login required)

View Item View Item