Pengelolaan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (Pmt-As) di SDN Dersono II Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan

, Kamadi and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Pengelolaan Program Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (Pmt-As) di SDN Dersono II Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (256kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (220kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

Salah satu sekolah yang ditunjuk sebagai penyelenggara PMT–AS di Kecamatan Pringkuku adalah SDN Dersono II. Karakteristik siswa SDN Dersono II dalam hal sosial ekonomi termasuk golongan menengah ke bawah. Pelaksanaan PMT-AS tahun 2012 berbeda dari pelaksanaan sebelumnya. Pada pelaksanaan sebelumnya, PMT-AS dilaksanakan selama 108 hari sesuai buku pedoman, tetapi pelaksanaan PMT–AS tahun 2012 berlangsung selama 50 hari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Tempat pelaksanaan penelitian ini adalah di SDN Dersono II Pringkuku Pacitan. Narasumber dalam penelitian ini meliputi Kepala Sekolah, Kepala Desa Dersono, Ketua Komite, Guru UKS, dan Ketua Tim Penggerak PKK Desa Dersono. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunakan versi Milles dan Huberman yakni dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menujukkan bahwa: (1) Perencanaan program PMT-AS di dimulai dengan rapat koordinasi PMT-AS yang dilaksanakan dengan tujuan mengkoordinasikan pelaksanaan program dan kegiatan PMT-AS; sosialisasi dilaksanakan dengan tujuan mensosialisasikan maksud dan tujuan program PMTAS; pembentukan panitia pelaksana di tingkat sekolah yang melibatkan guru, komite sekolah, Tim Penggerak PKK Desa dengan penanggung jawab program adalah kepala sekolah; Kegiatan pelatihan dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas pengelolaan kegiatan PMT-AS; Penyediaan peralatan masak bagi yang memasak dan peralatan makan dan minum bagi peserta didik disiapkan sebelum kegiatan pelaksanaan dimulai oleh sekolah; (2) Pelaksanaan PMT–AS berlangsung mulai bulan Januari sampai Desember 2012. Jumlah siswa penerima PMT–AS adalah 50 anak. Pemberian makanan tambahan diberikan 5 kali dalam seminggu. Pemberian makanan tambahan berupa makanan jajanan dilakukan pada waktu istirahat pertama. Pemantauan pelaksanaan PMT–AS oleh Dinas Kesehatan dilakukan setiap bulan sekali selama penyelenggaraan PMT – AS. Penggunaan bahan baku lokal yang masih sedikit menurut pemasak disebabkan pertimbangan daya terima siswa terhadap makanan jajanan berbahan baku local; dan (3) Partisipasi masyarakat dalam program PMT-AS merupakan keikutsertaannya dalam memberikan gagasan, kritik membangun, dukungan, dan pelaksanaan. Program PMT-AS ini bukan hanya meningkatkan gizi anak dan kemampuan belajar tetapi juga mengembangkan perekonomian masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, makanan tambahan, anak sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2014 08:32
Last Modified: 20 Oct 2021 02:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28233

Actions (login required)

View Item View Item