Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Manajemen Kelas X SMK Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Firmansyah, Frengky and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. (2014) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Manajemen Kelas X SMK Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (402kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01._BAB_I.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Bab II)
02._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
03._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] PDF (Bab IV)
04._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab V)
05._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
07._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, guru memiliki tanggung jawab yang besar atas keberhasilan peserta didik dalam belajar. Seiring dengan semakin berkembangnya pendidikan, maka semakin komplek permasalahan yang harus dihadapi. Dalam hal ini pendidikan Agama Islam sangat berperan penting dalam mengatasi permasalahan tersebut. Dari segi penguasaan ilmu agama Islam, guru PAI sudah tidak diragukan lagi, tetapi dalam praktiknya guru PAI mengalami kesulitan dalam mengelola kelas, sehingga kelas menjadi gaduh. Terkadang ketika mengajar, guru PAI tidak mengacu pada RPP, guru PAI masih monoton dalam mengajar dan kurang komunikatif dengan peserta didik ketika pembelajaran berlangsung. Demi tercapainya tujuan Pendidikan Agama Islam, maka guru PAI dituntut untuk professional dalam mengajar, karena Pendidikan Agama Islam mencakup beberapa aspek, yaitu aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Selain itu guru PAI juga harus bergerak aktif dalam memanaj kelas. Dengan manajemen kelas yang baik, maka guru PAI lebih mudah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis merumuskan masalah “bagaimana kompetensi guru PAI dalam manajemen kelas X SMK Negeri 4 Surakarta?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kompetensi guru PAI dalam manajemen kelas X SMK Negeri 4 Surakarta. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis dan manfaat praktis. Adapun manfaat teoritis yaitu menambah khasanah keilmuan, khususnya tentang manajemen kelas. Sedangkan manfaat praktis bagi guru, khususnya bagi sekolah yaitu dapat mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada, sehingga dapat melakukan perbaikan dan peningkatan yang lebih baik, dan manfaat bagi peneliti yaitu dapat dijadikan sebagai rujukan yang lebih konkrit apabila nantinya berkecimpung dalam dunia pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi SMK Negeri 4 Surakarta sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara deduktif dan induktif. Analisis data deduktif yaitu cara berfikir untuk mengambil kesimpulan yang berangkat dari permasalahan yang bersifat umum ke permasalahan yang bersifat khusus. Sedangkan analisis data induktif yaitu cara berfikir yang berangkat dari faktafakta khusus, peristiwa-peristiwa yang konkrit kemudian digeneralisasikan yang mempunyai sifat umum. Peneliti menyimpulkan kompetensi guru PAI dalam manajemen kelas X SMK Negeri 4 Surakarta di antaranya adalah kompetensi guru PAI dalam mengatur posisi tempat duduk peserta didik, kompetensi guru PAI dalam menggunakan variasi dalam mengajar, kompetensi guru PAI dalam mengembangkan pemetaan bahan ajar, dan kompetensi guru dalam menciptakan suasana kelas yang positif. Kompetensi guru PAI dalam manajemen kelas X SMK Negeri 4 Surakarta sudah terlaksana dengan baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, manajemen kelas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Mar 2014 08:20
Last Modified: 20 Oct 2021 01:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28231

Actions (login required)

View Item View Item