Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Partisipasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan

, Teguh and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2014) Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Partisipasi Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Watukarung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (317kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru; (2) mendeskripsikan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru; (3) mendeskripsikan tanggapan guru-guru pada kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan partisipasi kerja; dan (4) mendiskripsikan model kepala sekolah yang dibutuhkan dalam meningkatkan partisipasi kerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Tempat penelitian di SDN Watukarung Pringkuku Pacitan. Narasumber penelitian kepala sekolah dan guru. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi dengan sumber. Teknik analisis data dengan cara reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menujukkan: (1) Kepala sekolah menggunakan lima gaya kepemimpinan, partisipatif, militeristik, kharismatik, demokratis dan delegatif; (2) Strategi kepala sekolah, (a) membagi tugas sesuai dengan bakat dan kemampuan; (b) melihat karakteristik guru dan karyawan; (c) kejelian dalam melihat tingkat kemampuan; (d) memotivasi; (e) program yang dihasilkan; (f) keikutsertaan guru dalam KKG; dan (g) anjuran membaca; (3) Kepala sekolah mendapat tanggapan baik, (a) mendengarkan ide maupun saran, (b) menyelesaikan dan mengklasifikasi pada kesalahan pribadi, guru, karyawan, (c) menyampaikan gagasan dan menyelaraskannya, (d) memberi masukan dan memecahkan masalah, (e) berbagai tugas, (f) memberikan contoh atau teladan, (g) bertindak sesuai dengan kemajuan guru dan karyawan, dan (h) memberikan perhatian, penilaian lebih pada guru yang rajin; dan (4) Dibutuhkan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dengan ditopang oleh ciri-ciri kepemimpinan yang tangkas, visioner dan kredibel dalam mengambil kebijakan dan meningkatkan partisipasi kerja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, kepala sekolah, guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 15 Mar 2014 08:14
Last Modified: 20 Oct 2021 02:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28230

Actions (login required)

View Item View Item