Konstruksi Pemberitaan KLB PSSI Di Internet (Analisis Framing Pemberitaan Kongres Luar Biasa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Pada Portal Kompas.Com Dan Viva.Co.Id Bulan Maret 2013)

Zamzami, Diqi and , M. Toharuddin, S.Pd., MA. (2014) Konstruksi Pemberitaan KLB PSSI Di Internet (Analisis Framing Pemberitaan Kongres Luar Biasa Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia Pada Portal Kompas.Com Dan Viva.Co.Id Bulan Maret 2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (377kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (466kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (262kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB)

Abstract

Framing merupakan pendekatan untuk melihat bagaimana sebuah realitas dibentuk dan dikonstruksi oleh media. Analisis Framing digunakan untuk melihat hubungan antara berita dan ideologi, yakni proses atau mekanisme mengenai bagaimana berita membangun, mempertahankan, memproduksi, mengubah dan meruntuhkan ideologi. Teks berita dikonstruksi dan dimaknai sedemikian rupa dengan makna tertentu. Hasilnya isi sebuah berita yang memihak pada sisi tertentu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Kompas.com dan Viva.co.id mengkonstruksi pemberitaan tentang Kongres Luar Biasa PSSI. Ruang lingkup penelitian yaitu berita Kongres Luar Biasa pada Kompas.com dan Viva.co.id mulai tanggal 11 Maret 2013 hingga 17 Maret 2013 yang merupakan hari digelarnya Kongres. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa framing dari kompas.com dan viva.co.id berbeda. Kompas.com cenderung netral mengkonstruksi berita mengenai kongres. Menurut Kompas.com Kongres Luar Biasa PSSI inkonstitusional karena verifikasi peserta yang masih bermasalah dan tidak sesuai dengan peraturan. Kompas.com mengangkat berita mengenai kekurangan dalam persiapan dan pelaksanaan Kongres Luar Biasa. Sementara itu, viva.co.id mengkonstruksi berita yang memihak bahwa kongres telah berjalan sesuai dengan pedoman FIFA. Viva.co.id mengemukakan pemberitaan yang baik mengenai KLB karena pelaksanaan KLB membuat kaderkader partai Golkar masuk kedalam jajaran kepengurusan PSSI. Ini seperti ingin mengulang PSSI sama dengan rezim Nurdin Halid.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konstruksi berita, Framing, KLB PSSI
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 14 Mar 2014 12:27
Last Modified: 18 Oct 2021 06:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28222

Actions (login required)

View Item View Item