Komunikasi Interaktif Pada Pemerintah Daerah (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Akun @Hubkominfosolo Sebagai Media Komunikasi Publik Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Surakarta)

Dara, Racheila (2014) Komunikasi Interaktif Pada Pemerintah Daerah (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Akun @Hubkominfosolo Sebagai Media Komunikasi Publik Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (565kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (448kB)

Abstract

Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang mengunakan jejaring sosial dalam menjalin hubungan dengan masyarakat. Jejaring sosial yang digunakan yaitu situs social networking di internet melalui twitter sebagai sarana komunikasi publik yang mempunyai sifat interaktif, dengan website Dishubkominfo.surakarta.go.id Dishub menyediakan informasi seputar kegiatan pemerintahan dan agenda kota. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui: (1) penggunaan teknologi komunikasi massa jejaring sosial twitter akun @hubkominfosolo sebagai media komunikasi publik Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta dan (2) komunikasi interaktif yang dijalanan oleh dinas perhubungan komunikasi dan informatika Surakarta melalui akun twitter @hubkominfosolo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan objek dari penelitian yaitu akun twitter @hubkominfosolo yang digunakan sebagai media komunikasi dalam pelayanan publik oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta. Penelitian di laksanakan di Surakarta dan di kantor Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta di Jl. Menteri Supeno No.7 Manahan Surakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif. Kesimpulan penelitian yaitu: (1) Penggunaan Teknologi Komunikasi Massa Jejaring Sosial Twitter akun @hubkominfosolo berdasarkan: (a) Isi Pesan bersifat informatif. (b) Nilai guna sesuai dengan kebutuhan individu dan masyarakat dapat terpenuhi. (c) Hambatan dari segi penyampaian informasi antara sesama pengguna twitter dan gangguan dari sinyal dan aliran listrik. (2) Komunikasi Interaktif yang dijalanan oleh Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Surakarta melalui akun Twitter @hubkominfosolo: (1) Isi pesan dan daya guna, sesuai dengan tugas pokok. (2) Pengontrolan, kontrol dalam komunikasi dengan masyarakat melalui twitter dengan cara meng-up date informasi, (3) aktivitas mempertahankan isi pada situs akun twitter dan memperbaiki jaringan, (4) Dua Arah, interaksi komunikasi bersifat dua arah antara Dinas perhubungan dengan masyarakat menggunakan media twitter, (5) Waktu fleksibel, keefektifan sarana twitter dalam memberikan informasi secara cepat, dan (6) Kesadaran terhadap tempat, penggunaan twitter melalui komputer dan Hp tidak membutuhkan ruangan khusus.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interaktif, Pemerintah Daerah, Media Komunikasi, Twitter
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 14 Mar 2014 12:03
Last Modified: 14 Mar 2014 12:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28220

Actions (login required)

View Item View Item