Strategi Promosi Batik Pring Di Desa Sidomukti(Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Promosi Yang Dilakukan Oleh Pengrajin Batik Mukti Lestari)

Sasongko, Aris and , Mokhamad Toharudin, M.A. and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si (2014) Strategi Promosi Batik Pring Di Desa Sidomukti(Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Strategi Promosi Yang Dilakukan Oleh Pengrajin Batik Mukti Lestari). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (601kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (890kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (455kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB)

Abstract

Masalah strategi promosi batik Pring di Desa Sidomukti sangatlah penting untuk diteliti khususnya bagi penulis serta khalayak pada umumnya. Strategi promosi untuk batik haruslah disusun semenarik mungkin, sehingga konsumen akan tertarik untuk membelinya. Maka, penulis dapat mengetahui sejauhmana strategi promosi yang dilakukan oleh pengrajin batik Mukti Lestari agar batik Pring dapat dikenal masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana strategi promosi yang dilakukan oleh pengrajin batik Mukti Lestari. Penelitian ini dilakukan di desa Sidomukti, kecamatan Plaosan, kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan wawancara. Pemeriksaan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan tiga komponen utama yaitu (1) reduksi data, (2) sajian data, dan (3) penarikan simpulan serta erifikasinya. Kesimpulan penelitian ini bahwa strategi promosi yang dilakukan oleh pengrajin Mukti Lestari dalam mengenalkan produk batik pring melalui empat elemen yaitu advertising, personal selling, publisitas dan sales promotion. Advertising melalui iklan radio, spanduk, banner, pameran, dan mulut ke mulut. Personal Selling melalui tokoh publik figur yang mempunyai banyak kolega. Publisitas bekerja sama dengan perusahaan lain seperti Diler Cemara Agung Motor Magetan dalam mendesain show room daeler. Promosi Penjualan menggunakan sales promotion untuk terjun langsung ke masyarakat dan berupaya berinteraksi dengan masyarakat memperkenalkan produk-produk kerajinan batik Mukti Lestari. Dengan strategi, sangat berpengaruh cukup besar bagi pemesanan batik dari bulan ke bulan semakin meningkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Promosi, Bauran promosi, Batik Pring
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Maria Husnun Nisa
Date Deposited: 14 Mar 2014 11:52
Last Modified: 18 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28219

Actions (login required)

View Item View Item