Perancangan Sistem Pemasaran Batik Tulis Berbasis E-Commerce Menggunakan CMS (Studi Kasus: Samudra Art Lasem Rembang)

Atmaja, Andhika Sigit and , Dr. Suranto, M.M. and , Muclison Anis, S.T., M.T. (2014) Perancangan Sistem Pemasaran Batik Tulis Berbasis E-Commerce Menggunakan CMS (Studi Kasus: Samudra Art Lasem Rembang). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (734kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (474kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (273kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (274kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Batik Lasem merupakan batik tulis yang berasal dari kota Lasem yang bermotifkan alam khususnya. Batik Lasem memiliki kekhasan warna merah seperti darah ayam. Samudra art merupakan salah satu industri rumah batik Lasem. Pemasaran pada samudra art masih bersifat konvensional, oleh karena itu perlu adanya sistem pemasaran yang baru agar penjualan meningkat. Perancangan sistem pemasaran batik tulis berbasis e-commerce menggunakan CMS (Content Management System) bertujuan sebagai sarana penjualan online batik tulis Lasem oleh samudra art. Selain sebagai media penjualan, website yang dihasilkan nantinya berguna sebagai media pengenalan batik Lasem kepada masyarakat umum dan Dunia. Dalam perancangan sistem pemasaran menggunakan CMS wordpress dikarenakan mudah dikelola pada umumnya. Samudra art terletak di Lasem tepatnya Desa Karas Gede Rt/Rw: 1/2, Kec. Lasem, Kab. Rembang, Jawa Tengah, yang didirikan oleh Bapak Mujiono. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berupa website e-commerce. Dengan adanya website ini jangkauan pemasaran semakin luas dan diharapkan penjualan produk meningkat. Bagi konsumen, dengan adanya website ini dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga serta memudahkan konsumen bertransaksi atau mengenal batik Lasem meskipun tidak datang ke kota Lasem. Secara tidak langsung Budaya Bangsa Indonesia khususnya batik Lasem akan tetap terjaga kelestarianya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CMS Wordpress, E-Commerce, Perancangan, Batik Lasem
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Mar 2014 10:59
Last Modified: 17 Oct 2021 14:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28217

Actions (login required)

View Item View Item