PENGARUH DAN HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. BANGUN SEJAHTERA ABADI DI BUTUH,TENGARAN

DARMANTO , DARMANTO (2008) PENGARUH DAN HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENDIDIKAN, PELATIHAN DAN MOTIVASI TERHADAP PRESTASI KERJA KARYAWAN BAGIAN PRODUKSI PADA PT. BANGUN SEJAHTERA ABADI DI BUTUH,TENGARAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100010567.pdf

Download (406kB)
[img] PDF
B100010567.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pengaruh dan Hubungan Antara Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi Terhadap Prestasi Kerja Karyawan Bagian Produksi Pada PT. Bangun Sejahtera Abadi di Butuh, Tengaran. Untuk menganalisis adanya pengaruh antara tingkat pendidikan, pelatihan dan motivasi terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi pada PT. Bangun Sejahtera Abadi Abadi di Butuh, Tengaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor manakah yang lebih berpenagruh antara tingkat pendidikan, pelatihan dan motivasi terhadap prestasi kerja karyawan bagian produksi pada PT. Bangun Sejahtera Abadi Abadi di Butuh, Tengaran. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan uji validitas dan reliabilitas, regresi linier berganda, Agar hasil estimasi menjadi valid, maka dilakukan pengujian statistik yang meliputi uji t, uji F dan R2 (koefisien determinasi) serta pengujian kepenuhan asumsi klasik yang meliputi multikolinearitas, heteroskedastisitas dan normalitas. Hasil penelitian uji validitas dan reliabilitas item semuanya valid dan reliabel, diperoleh persamaan regresi berganda sebesar Y = 5,686 + 0,132x1 + 0,246x2 + 0,429x3, uji t nilai thitung variabel pendidikan sebesar 1,988 besarnya nilai ttabel dengan (α :0,05) adalah 1,980 thitung > ttabel maka Ho ditolak berarti pendidikan berpengaruh terhadap prestasi kerja, nilai thitung variabel pelatihan 3,777 nilai ttabel dengan (α :0,05) adalah 1,980 thtiung > ttabel maka Ho ditolak berarti pelatihan berpengaruh terhadap prestasi kerja, nilai thitung variabel motivasi 8,823 nilai ttabel dengan (α :0,05) adalah 1,980 thtiung > ttabel maka Ho ditolak berarti motivasi berpengaruh terhadap prestasi kerja sehingga variabel yang dominan mempengaruhi prestasi kerja adalah motivasi kerja. Uji F dengan keyakinan (α: 0,05) nilai Ftabel adalah sebesar 2,68, nilai Fhitung sebesar 36,187 Fhitung > Ftabel maka Ho ditolak yang berarti bahwa pendidikan, pelatihan dan motivasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi kerja. Nilai koefisien determinasi R² adalah sebesar 0,531 yang menunjukkan bahwa variasi prestasi kerja dapat dijelaskan oleh variabel-variabel pendidikan, pelatihan dan motivasi sebesar 53,1 % dan sisanya yaitu 46,9% dijelaskan oleh variabel-variabel lain diluar model yang diestimasi. Untuk uji asumsi klasik uji multikolinieritas tidak ada masalah multikolinieritas, heteroskedastisitas untuk variabel pelatihan terdapat masalah heteroskedastisitas variabel pendidikan dan motivasi kerja tidak ada masalah heteroskedastisitas dan uji normalitas data tersebar normal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Pelatihan dan Motivasi, Prestasi Kerja
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 18 Jun 2009 03:08
Last Modified: 16 Nov 2010 19:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item