Perilaku Komunikasi Orang Tua Dan Konsep Diri Anak (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Komunikasi Orang Tua dalam pembentuk Konsep Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Desa Suruhkalang Rt 03 Rw 06 Jaten Karanganyar)

Prasetia, Paradita (2014) Perilaku Komunikasi Orang Tua Dan Konsep Diri Anak (Studi Deskriptif Kualitatif Perilaku Komunikasi Orang Tua dalam pembentuk Konsep Diri Anak Berkebutuhan Khusus di Desa Suruhkalang Rt 03 Rw 06 Jaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (654kB)

Abstract

Hakekat manusia sebagai makhluk sosial dalam kenyataannya menunjukkan bahwa manusia ingin selalu berhubungan dan memerlukan adanya komunikasi dengan sesamanya atau orang lain dalam lingkungannya, sebab manusia tidak bisa dibangun tanpa adanya orang lain. Serta proses interaksi yang terjadi tak lepas dari kelompok terkecil yakni keluarga. Dan keluarga juga tidak lepas dari adanya komunikasi yang berpengaruh pada sistem interaksi yang ada di sekitarnya yang berlangsung secara bersamaan serta keluarga merupakan bagian integral dari masyarakat luas. Perilaku yang dapat digunakan untuk mengendalikan perilaku orang lain inilah yang disebut sebagai bahasa. Bahasa dapat bersifat verbal maupun nonverbal. Bahasa merupakan instrumen pikiran yang cukup berharga. Bahasa nonverbal biasa digunakan untuk menegaskan bahasa verbal ketika berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak semua karakteristik konsep diri negatif dimiliki oleh anak-anak berkebutuhan khusus akibat dari perilaku komunikasi yang mereka dapat dari orang tua, namun disisi lain orang tua juga mengajarkan anak supaya anak ini memiliki kepercayaan diri ketika mereka berada diluar rumah untuk berinteraksi dengan teman dan masyarakat. Sehingga anak-anaknya memiliki jangkauan luas dalam pergaulan, dan bisa bersanding dengan anak normal lainnya. Terdapat perbedaan sikap yang terbentuk karena perbedaan usia, jenis kelamin dan dimana mereka tinggal. Anak perempuan cenderung menjadi manja dan sangat pemalu tetapi anak laki-laki justru memiliki sikap melawan terhadap orang tuanya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku komunikasi, kualitatif, konsep diri
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:10
Last Modified: 12 Mar 2014 12:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28165

Actions (login required)

View Item View Item