Konstruksi Media Online Vivanews.Com Dan Metrotvnews.Com Mengenai Joko Widodo ( Analisis Framing 100 Hari Kerja Joko Widodo Sebagai Gubernur DKI Jakarta )

Efendi, Septiana Agung and , Drs. Achmad Muhibbin, M.Si. and , Ika Damayanti, M.I.Kom (2014) Konstruksi Media Online Vivanews.Com Dan Metrotvnews.Com Mengenai Joko Widodo ( Analisis Framing 100 Hari Kerja Joko Widodo Sebagai Gubernur DKI Jakarta ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (610kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (250kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Joko Widodo menjabat sebagai gubernur Jakarta pada periode tahun 2012- 2017. Selama masa kerja 100 hari Jokowi sebagai gubernur DKI Jakarta, Jokowi dihadapkan dengan berbagai masalah seperti banjir dan macet yang bertepatan pada seratus hari kerja. Media online Vivanews.com dan Metrotvnews.com berlomba-lomba mengemas pemberitaan mengenai aktivitas 100 hari kerja Jokowi menjadi gubernur DKI Jakarta. Mengingat Vivanews.com merupakan media dibawah kepemilikan Aburizal Bakri (sebagai pemimpin GOLKAR). Sedangkan Metrotvnews.com berada dibawah naungan Surya Paloh(sebagai pemimpin partai Nasdem). Persaingan ekonomi politik antara kedua kubu tersebut melahirkan sebuah konstruksi pemberitaan mengenai Jokowi yang didukung oleh PDIP. Lantas tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konstruksi pemberitaan pada media online Vivanews.com dan Metrotvnews.com tentang 100 hari kerja Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Adapun penelitian ini menggunakan metode analisis framing model Robert N Entman yang menonjolkan seleksi isu dan penonjolan aspek. Adapun hasilnya adalah konstruksi pada Vivanews.com menilai kinerja Jokowi gagal dan tidak memberikan perubahan pada Jakarta, karena media ini lebih mendukung Fauzi Bowo yang diusung oleh Golkar lawan politik dari Jokowi. Sedangkan konstruksi pada Metrotvnews.com menilai kinerja Jokowi berhasil dan memberikan perubahan pada Jakarta, karena Jokowi diusung oleh PDIP serta Gerindra sehingga media ini memilih mendukung Jokowi ketimbang Fauzi Bowo. Dari pendapat media ini akan mempengaruhi konstruksi media terhadap Jokowi yang terbentuk melalui pendapat masyarakat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Online, Jokowi, Framing
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2014 12:03
Last Modified: 18 Oct 2021 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28164

Actions (login required)

View Item View Item