Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pokok Bahasan Jurnal Khusus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Semester I Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun 2013/2014

Purnomo, Heri and , Dra. Titik Asmawati, SE, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Dalam Pokok Bahasan Jurnal Khusus Pada Siswa Kelas XI Akuntansi Semester I Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (642kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (116kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (209kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (265kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (435kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran jurnal khusus melalui penerapan strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas XI Akuntansi Semester I Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu Tahun 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Siklus pelaksanaan PTK dilakukan melalui empat tahap, yakni : (1) Perencanaan Tindakan, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan Interpretasi, (4) Analisis dan Refleksi Tindakan. Objek penelitian adalah keaktifan belajar siswa kelas XI Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Delanggu yang berjumlah 27 siswa. Teknik analisis yang digunakan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik komparasi. Langkah- langkah inti strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT) adalah sebagai berikut : (1) Membagi siswa menjadi beberapa kelompok (2) Memberi masing-masing kelompok nomor yang berbentuk bulat (3) setiap kelompok diberi tugas untuk mengerjakannya (4) setiap kelompok mendiskusikan jawaban dengan benar (5) Pemanggilan nomor kelompok secara acak dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil jawabannya (6) kelompok diminta menjelaskan pada kelompok lain, dan kelompok lain memberi tanggapan (7) guru memberi klarifikasi. Hasil penelitian ini yaitu penerapan strategi pembelajaran Numbered Head Ttogether (NHT) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran jurnal khusus pada siswa kelas XI akuntansi SMK Muhammadiyah Delanggu tahun ajaran 2013/2014. Hasil tersebut didukung fakta-fakta keaktifan siswa yang berindikator Baik (B) sebelum siklus dengan presentase rata-rata keaktifan 21,29% dan terjadi peningkatan selama siklus I sebesar 35,18% dan 59,26% meningkat menjadi 79,63% pada siklus II;

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran Numbered Head Ttogether (NHT), keaktifan belajar siswa, jurnal khusus
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Mar 2014 08:57
Last Modified: 23 Oct 2021 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28154

Actions (login required)

View Item View Item