Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Asma Dengan Tingkat Kontrol Asma Pada Penderita Asma Umur Lebih Dari Atau Sama Dengan 18 Tahun Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta

Kusuma, Rahma Rida and , dr. Niwan Tristanto Martika, Sp. P and , dr. Ilma Rizkia Rahma (2014) Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Tentang Asma Dengan Tingkat Kontrol Asma Pada Penderita Asma Umur Lebih Dari Atau Sama Dengan 18 Tahun Di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (651kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (781kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (791kB)

Abstract

Latar Belakang: Asma merupakan sepuluh besar penyebab kesakitan dan kematian di Indonesia. Tujuan penatalaksanaan asma adalah agar penderita mendapatkan asmanya dalam kondisi terkontrol. Kontrol asma dipengaruhi tiga faktor, yaitu tenaga medis, penderita dan obat-obatan. Salah satu faktor penderita adalah pengetahuan tentang penyakit yang diderita. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui adanya hubungan antara tingkat pengetahuan tentang asma dengan tingkat kontrol asma pada penderita asma umur lebih dari atau sama dengan 18 tahun di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Diambil 41 penderita asma di BBKPM Surakarta dengan teknik purposive sampling. Menggunakan uji alternatif chi square tabel 2xK yaitu uji Kolmogorov-Smirnov. Hasil: Penderita asma dengan tingkat pengetahuan rendah sebagian besar termasuk dalam tingkat kontrol asma yang tidak terkontrol (26,8%). Penderita asma dengan tingkat pengetahuan tinggi sebagian besar mempunyai kontrol asma terkontrol sebagian (31,7%). Hasil uji statistik dengan Kolmogorov- Smirnov diperoleh nilai p= 0,446. Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan tentang asma dengan tingkat kontrol asma pada penderita asma umur lebih dari atau sama dengan 18 tahun di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat Surakarta (p= 0,446).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan penderita, kontrol asma xiv
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 12 Mar 2014 07:58
Last Modified: 20 Oct 2021 03:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28153

Actions (login required)

View Item View Item